TNI Kirim 35 Prajurit Terbaiknya ke Australia

Kabar Mabes19 Dilihat

JAKARTA – Markas Besar (Mabes) TNI mengirimkan sebanyak 35 prajurit terbaiknya yang berasal dari gabungan tiga matra yakni TNI AD, TNI AL dan TNI AU untuk mengikuti Latihan Bersama (Latma) tiga negara (Trilateral) dengan sebutan Crocodile Response Exercise 2022, di Darwin, Australia.

Crocodile Response Exercise merupakan bentuk latihan gabungan operasi bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana yang melibatkan TNI, Basarnas, ADF serta Marinir Amerika Serikat. 

Kabidpeninter Puspen TNI, Kolonel Arh Wieng Pranoto, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (10/5), menjelaskan selain militer, Australia selaku tuan rumah juga melibatkan beberapa lembaga sipil non-pemerintahan untuk turut serta.

“Latihan akan berlangsung selama 14 hari di dua tempat berbeda, yakni di kota Darwin dan Nhulunbuy sebagai kota yang disimulasikan terdampak bencana,” ujarnya.

Baca Lagi: TNI AL Bersama PT Pelni Perkuat Kerja Sama Pengamanan dan Penertiban Selama Pelayaran

Sementara Captain Pietro Ruggeri selaku koordinator latihan mengatakan kegiatan itu dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi akademis di minggu pertama, dilanjutkan simulasi pemberian bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana di lokasi terdampak bencana di minggu kedua latihan.

“Dalam sesi akademis, para peserta menerima materi dari akademisi serta perwakilan Badan SAR masing-masing negara terkait metode pengiriman bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana,” katanya.

Selain itu, dalam sesi ini para peserta juga diberi kesempatan berdiskusi dan saling berbagi pengalaman terkait pelaksanaan operasi bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana di negara masing-masing.

“Lesson-Learned dari latihan ini, diharapkan masing-masing negara peserta latihan dapat saling meningkatkan interoperabilitas dalam merespon bencana termasuk pemberian bantuan kemanusiaan yang berlaku secara internasional,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *