TNI AU Kerahkan Drone dan Personel Elite Amankan KTT G20

JAKARTA – Pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, 15-16 November 2022 merupakan nomor wahid untuk TNI-Polri. 

Bahkan tak tanggung-tanggung Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI Angkatan Udara mengerahkan personel dan alat utama sistem persenjataan (alutsista) andalannya untuk mengamankan kegiatan tersebut. 

“Kekuatan prajurit Kopasgat di antaranya tergabung dalam Satuan Tugas Pam Bandara, Satgas Udara, Satgas Pam VVIP, dan Satgas Passus,” tulis Kopasgat melalui Instagram-nya, @kopasgat_tniau, Selasa (15/11/2022). 

Sementara, dari sisi alutsista yang dikerahkan mencakup unmanned aerial vehicle (UAV) Orbiter (command center) alias drone.

Selanjutnya terdapat Drone Oculus (command center), senjata antidrone, dan rudal Chiron. Ada pula kendaraan M3CS (command center), P6 ATAV, P2 Komando, Junkle Hunter, Explosive Ordnance Disposal (EOD) Invander, dan Smart Hunter. 

Semua alutsista Kopasgat ini disebut telah tergelar di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali, sesuai pola penggelaran yang telah ditentukan dengan fungsinya masing-masing. 

Alutsista milik Kopasgat juga terkoodinasi dengan satuan dan alutsista lain yang tergabung dalam Kogabpad Pam VVIP KTT G20.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *