TNI AL Ajak 48 Negara Latihan Bersama

Internasional287 Dilihat

JAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) mengajak 48 negara untuk latihan bersama bertajuk 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK). Adapun latihan bersama ini akan diadakan di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Juni 2023 mendatang.

Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Armada II, Laksamana Pertama Denny Prasetyo, mengatakan TNI AL bersama ke-48 negara sedang membahas rencana latihan tersebut.

“Pada dasarnya ini merupakan proses untuk perencanaan, khususnya perencanaan untuk pelaksanaan pelatihan bersama negara-negara sahabat,” ujarnya di Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Denny mengatakan, latihan itu bertema penanggulangan bencana atau “humanitarian assistant for disaster relief”. Karena sebenarnya MNEK ini adalah kegiatan yang bersifat non war fighting exercise.

“Jadi khusus kami acarakan atau rencanakan untuk kegiatan yang bersifat bantuan kemanusiaan atau bantuan terhadap bencana alam. Itu even yang akan kami maksimalkan pada saat nanti di Makassar nanti,” kata Denny.

Dalam hal ini, TNI AL mengundang 48 negara, dua di antaranya Korea Utara dan Korea Selatan. “Mereka kami ajak bersama ya mereka baik-baik saja,” ujarnya.

Dalam latihan bersama nanti, TNI AL mengerahkan 17 kapal berbagai tipe, terutama Kapal Rumah Sakit yang baru saja diresmikan mungkin akan dilibatkan yaitu KRI Wahidin Sudirohusodo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *