Organisasi Papua Merdeka Bertanggung Jawab Gugurnya Dua Personel TNI-Polri

Kabar Mabes1027 Dilihat

JAKARTA – Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengklaim bertanggung jawab atas serangan terhadap aparat gabungan TNI-Polri yang sedang melakukan pengamanan salat tarawih di Distrik Ilu, Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Juru bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom, mengatakan serangan itu dilakukan oleh pasukan TPNPB di bawah pimpinan Kalenak Murib.

Sambom menambahkan, Murib melaporkan pasukannya telah menembak mati satu anggota TNI dan satu anggota polisi. Sementara dua anggota TNI menderita luka tembak.

“Pimpinan militer Murib bertanggung jawab atas serangan ini,” ujarnya seperti ditulis Tempo, Minggu (26/3/2023).

Pihaknya meminta Presiden Joko Widodo menghentikan pengiriman personel militer dan polisi ke Papua agar tidak menghadapi serangan TPNPB-OPM di bawah pimpinan Terryanus Satto.

Mereka juga mendesak Pemerintah Indonesia untuk segera menghentikan operasi militer dan berunding.

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Papua, Komisaris Besar Polisi Ignatius Benny Ady Prabowo, mengatakan peristiwa itu bermula ketika aparat gabungan TNI-Polri yang melaksanakan pengamanan, tiba-tiba mendapatkan tembakan dari arah depan salah satu kios di lokasi tersebut.

“Penembakan tersebut dilakukan oleh dua orang OTK dengan menggunakan satu pucuk senjata laras pendek dan satu senjata laras panjang,” kata Benny.

Benny menjelaskan, akibat penembakan tersebut dua personel TNI-Polri meninggal dan satu luka.

Korban meninggal adalah anggota Koramil 1714-02/Ilu Sersan Dua Riswar terkena luka tembak di tulang belakang dan dagu bagian bawah, dan anggota Polsek Ilu atas nama Brigadir Polisi Dua Mesak Indey terkena luka tembak di bagian perut. Adapun korban luka yakni Brigadir M. Arif Hidayat yang terkena luka tembak di bagian paha.

“Saat ini ketiga korban berada di Makoramil 1714-02 untuk sementara waktu dan sedang berusaha dihubungi keluarga korban,” katanya.

Menurutnya, situasi saat ini di Kabupaten Puncak Jaya siaga satu. Artinya, Kapolres dan seluruh anggota waspada dan mengantisipasi adanya serangan susulan terhadap anggota di lapangan.

“Polres Puncak Jaya saat ini sedang siaga satu dan melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan,” ujar Benny.

Sementara Kapolda Papua, Inspektur Jenderal Polisi Mathius D. Fakhiri, mengatakan akan menindak tegas pelaku kejahatan yang telah menewaskan anggotanya.

“Saya sudah perintahkan untuk anggota untuk menangkap dan menindak tegas pelaku penembakan tersebut,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *