Antisipasi Terorisme Jelang Pemilu, BNPT RI Latih Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Lurah

Nasional980 Dilihat

LAMPUNG – Peningkatan kesiapsiagaan terhadap ancaman tindak pidana terorisme dengan melibatkan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Lurah menjadi sangat penting, mengingat pergerakan pelaku teror seringkali bermula dari tingkat bawah yakni desa dan kelurahan.

Demikian dikatakan Direktur Pembinaan Kemampuan BNPT RI, Brigjen Pol Wawan Ridwan, ketika membuka kegiatan Pelatihan Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Lurah dalam Rangka Antisipasi Potensi Ancaman Tindak Pidana Terorisme Menjelang Pemilu 2024 di Bandar Lampung seperti dikutip dari website BNPT RI, Jumat (4/8/2023).

Wawan menjelaskan, meningkatkan kesiapsiagaan di wilayah desa dan kelurahan menjadi sebuah keharusan, sebab diprediksi akan terjadi peningkatan potensi ancaman keamanan di tahun politik.

“Menjelang Pemilihan Umum tahun 2024, potensi ancaman keamanan, termasuk tindak pidana terorisme, diprediksi akan cenderung meningkat,” katanya.

Ia mengingatkan jika momen pemilu kerap kali dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok penganut ideologi kekerasan melakukan propaganda intoleransi kepada masyarakat.

“Momen Pemilu ini juga rentan ditunggangi oleh kelompok radikal terorisme untuk memanipulasi isu politik demi propaganda dan intoleransi di masyarakat khususnya di desa dan kelurahan,” kata dia.

Wawan menambahkan, unsur tiga pilar ini sangat berperan dalam upaya deteksi dini terhadap potensi kemunculan dan perkembangan paham radikal terorisme di tengah masyarakat.

Menurut dia, sinergisitas yang dibangun antara Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah merupakan kunci dalam menciptakan lingkungan yang aman dan mengurangi potensi penyebaran paham radikal terorisme yang dapat mengancam stabilitas dan keamanan masyarakat.

Diketahui, pelatihan kali ini menghadirkan sebanyak 70 peserta, terdiri dari 28 personel Bhabinkamtibmas, 28 Personel Babinsa dan 14 Lurah dari kecamatan sekitar Bandar Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *