Nigeria Harap Indonesia Bisa Kerja Sama Pengadaan Alutsista

Kabar Mabes2 Dilihat

NIGERIA –  “Saya berharap di masa depan kerja sama militer dan pertahanan antara Indonesia dan Nigeria segera terwujud, baik dalam bidang pendidikan, latihan, dan pengadaan Alutsista,” ujar Brigadir Jenderal Emmanuel Akomaye Parker Udiandeye, Director Foreign Liaison of Defence Intelligence Agency (DIA) pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-74 TNI yang digelar di Ladi Kwali Conference Centre, Hotel Sheraton, Abuja, Nigeria, seperti dirilis Puspen TNI di Jakarta, Senin (2/12/2019).

Atase Pertahanan (Athan) RI di Nigeria, Kolonel Arh Bangun Manahan Tanjung, mengatakan acara resepsi tersebut merupakan agenda perdana yang diadakan pihaknya di Nigeria dalam rangka memperingati HUT ke-74 TNI.

” Ini mengingat beberapa tahun sebelumnya acara resepsi tersebut vacuum atau tidak pernah dilaksanakan seiring dengan kebijakan penutupan Kantor Athan RI pada tahun 2009,” katanya.

Ia menambahkan, sejak Kantor Athan RI di Abuja ibu kota Nigeria dibuka kembali pada akhir tahun 2018 lalu, aktivitas kerja sama militer pertahanan RI dengan Angkatan Bersenjata Nigeria dan negara-negara sahabat meningkat secara signifikan.

“Termasuk menjalin komunikasi dengan para atase militer dan pertahanan dari berbagai negara asing yang ada di Nigeria,” ujar dia.

“Respon yang kami terima sangat baik dan positif. Bahkan secara mengejutkan Presiden Nigeria berkenan mengutus puteri kandungnya untuk hadir. Momen ini adalah sesuatu yang langka dan belum pernah terjadi pada acara resepsi di tempat lain,” sambungnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan upaya Indonesia, khususnya TNI agar bisa meningkatkan hubungan dan kerja sama militer dengan para Athan dan Diplomat dari berbagai negara, khususnya yang bertugas di Republik Federal Nigeria.

“Semoga kegiatan tersebut dapat menciptakan hubungan dan kerja sama militer yang lebih baik dan lebih erat di masa depan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *