Ini Pesan Presiden Jokowi ke Marsekal Tonny Usai Dilantik Sebagai KSAU

Kabar Mabes, Nasional1057 Dilihat

Jakarta – Marsekal TNI Tonny Harjono, yang sebelumnya menjabat sebagai Pangkogabwilhan II, resmi dilantik menjadi Kepala Staf TNI AU (KSAU) menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo yang memasuki masa pensiun. Pelantikan Tonny sebagai KSAU dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (5/4/2024).

Pelantikan ini juga sekaligus mengukuhkan kenaikan pangkat Tonny dari Marsdya TNI menjadi Marsekal TNI. Kenaikan pangkat ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 26 TNI Tahun 2024.

Usai dilantik, Tonny mengatakan ada empat tugas yang diberikan Presiden Jokowi yang perlu dikerjakannya. Karenanya memohon doa dari seluruh masyarakat untuk menjalankan tugas yang diamanahkan negara kepadanya.

“Ada 4 tugasnya sebagai melaksanakan menjaga kedaulatan negara di udara mantra udara, menegakkan hukum, dan menjaga wilayah udara yurisdiksi nasional sesuai dengan UU yang berlaku, baik nasional maupun internasional, dan melakukan pengembangan kekuatan mantera udara dan pemberdayaan wilayah potensi di udara, itu yang disinggung presiden,” jelas Tonny.

“Kemudian beliau juga ingin AU yang kuat, bukan berarti kita ingin menakut-nakuti musuh, bukan berarti kita ingin perang dengan negara tetangga, tapi AU yang kuat adalah angkatan yang bisa menjaga stabilitas keamanan kedamaian di kawasan, jadi itu permintaan Bapak Presiden dan insyaallah akan kami laksanakan. Tentunya mohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia terhitung mula hari ini sebagai KSAU yang ke-24,” lanjut dia.

Tonny mengatakan, jabatan yang diemban saat ini adalah sebuah amanah besar. Dirinya akan melanjutkan kebijakan yang sudah baik oleh pejabat sebelumnya, sementara yang dirasa kurang akan dievaluasi.

“Siang hari ini diberikan mandat, kepercayaan dari Bapak Presiden sebagai KSAU, ini sebuah amanah besar yang harus saya emban dan pertanggungjawabkan,” ujar dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *