TNI AL Hibahkan Pesawat Nomad N24 ke Pemkab Tuban

Kabar Mabes, Nasional736 Dilihat

JAKARTA – TNI Angkatan Laut (AL) menghibahkan sebuah pesawat udara Nomad N24 yang sudah purnatugas kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jawa Timur untuk dijadikan monumen.

Kepala Fasharkan Pesud Puspenerbal mewakili Komandan Puspenerbal, Laksda TNI Sisyani Jaffar, mengatakan pembahasan monumen dari hibah alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang sudah purnatugas tersebut telah dilakukan sejak awal tahun 2024.

“Saat ini, menjelang akhir bulan September 2024, alutsista hibah tersebut dikirim ke Kabupaten Tuban. Proses pemasangannya memerlukan waktu hingga beberapa hari karena terkendala lokasi yang sempit untuk memasang pesawatnya,” ujarnya dalam rilis Puspen TNI di Jakarta, Jumat (27/9/2024).

Baca Juga: Pendirian Sekolah Kristen di Sulsel Ditolak, Wahid Foundation: Intoleransi yang Merusak Hak Umat Beragama

Sesuai rencana, monumen pesawat dan tank tersebut akan diletakkan di ruang terbuka hijau (RTH) Taman Kota Tuban, Jawa Timur, agar masyarakat yang berada di Tuban mengetahui dan mengenal salah satu Alutsista yang perbah dimiliki dan digunakan Pusat Penerbangan TNl AL.

Selain itu, keberadaan monumen bersejarah tersebut juga bisa untuk menanamkan nilai patriotisme dan nasionalisme kepada masyarakat, terlebih generasi muda di Kabupaten Tuban akan kecintaannya kepada Tanah Air.

“Nantinya monumen dibangun dengan konsep terbuka sehingga bisa menjadi tempat rekreasi warga sekaligus sarana untuk belajar sejarah,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *