Meningkatkan Kesadaran Keamanan Siber: Perlombaan Cyber ​​Strike dan Cyber ​​Awareness Forum 2024

Kabar Mabes641 Dilihat

JAKARTA – Irjen TNI, Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mewakili Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam pembukaan perlombaan Cyber ​​Strike dan Cyber ​​Awareness Forum, menekankan pentingnya perlombaan ini sebagai langkah strategi untuk meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat mengenai keamanan siber.

“Cyber ​​Strike dirancang untuk melatih generasi muda dan praktisi keamanan digital agar mampu menghadapi ancaman serangan di dunia maya,” ujarnya di GOR A. Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (16/10/2024), sebagai bagian dari peringatan HUT Ke-79 TNI.

Panglima TNI mengingatkan bahwa ancaman terhadap negara tidak hanya bersifat fisik, tetapi juga berasal dari dunia maya. Berbagai bentuk ancaman siber, seperti malware, ransomware, pencurian data, dan sabotase digital, dapat merusak keamanan nasional dan hak milik bangsa.

Baca Juga: Kedaulatan Islam: Memahami Sinergi Antara Syariat dan Budaya Lokal

“Menjaga kedaulatan digital adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya tugas TNI,” tegas Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan, termasuk Koorsahli Panglima TNI, para Asisten Panglima TNI, serta komunitas siber. Selain itu, perlombaan ini juga menghadirkan narasumber dari pakar-pakar siber, seperti Ketua dan Pendiri Indonesia Cyber ​​Security Forum (ICSF) Ardi Sutedja K., yang membahas tantangan tata kelola dan manajemen risiko dalam membangun ketahanan siber, serta Prof. Eko K. Budiardjo dari Fasilkom UI yang menjelaskan tentang analisis SWOT pada infrastruktur digital.

Dengan adanya perlombaan ini, diharapkan masyarakat semakin menyadari pentingnya keamanan siber dan siap menghadapi tantangan yang muncul dari ruang siber. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen bersama untuk memperkuat pertahanan siber nasional demi menjaga kedaulatan dan keamanan bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *