Tragedi Selancar: WNA Italia Tewas Tertusuk Ikan Todak di Mentawai

Ragam500 Dilihat

JAKARTA – Seorang warga negara asing (WNA) perempuan bernama Giulia Manfrini (36 thn) meninggal dunia dalam sebuah insiden tragis saat berselancar di Perairan Ombak Bengbeng, Pulau Masokut, Desa Pasakiat Taileleu, Kecamatan Siberut Barat Daya, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat, sekitar pukul 09.30 WIB.

Dikutip dari Antara, Sabtu (19/10/2024), menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmudin Siregar, peristiwa nahas ini terjadi ketika Manfrini sedang berburu ombak. Tiba-tiba, seekor ikan todak (Xiphias gladius) melompat dan menancap tepat di bagian dada korban.

Baca Juga: Cara Mudah Cek NIK KTP Anda Terdaftar Sebagai Penerima Bansos

Dua saksi yang juga merupakan WNA, Alexandre Ribas dan Massimo Ferro, melihat kejadian tersebut dan segera memberikan pertolongan pertama serta membawa Manfrini ke Puskesmas Pei Pei Pasakiat Taileleu. Sayangnya, upaya untuk menyelamatkan nyawanya tidak berhasil.

Pemeriksaan Medis dan Rencana Pemulangan

Dari hasil pemeriksaan oleh tim medis, diketahui bahwa korban mengalami luka tusuk pada bagian dada sebelah kiri atas dengan kedalaman sekitar lima sentimeter.

Laporan medis juga menunjukkan bahwa korban mengalami kekurangan oksigen hingga mengeluarkan buih dari hidung, yang mengindikasikan kemungkinan tenggelam.

Saat ini, jenazah Giulia Manfrini masih berada di Puskesmas Pei Pei dan direncanakan akan dibawa ke Kota Padang menggunakan kapal, sebelum akhirnya dipulangkan ke negara asalnya, Italia.

Insiden Serupa Sebelumnya

Insiden tragis ini bukan yang pertama terjadi di kawasan tersebut. Sebelumnya, pada medio Juni 2024, seorang WNA asal Amerika Serikat, Erick Robert Soreker, juga dilaporkan meninggal dunia saat berselancar di Kecamatan Pagai Selatan.

Hal ini menunjukkan bahwa meskipun Kepulauan Mentawai terkenal sebagai destinasi selancar internasional, risiko yang dihadapi para peselancar tetap ada.

Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang sering dijuluki “Bumi Sikerei,” merupakan salah satu lokasi terbaik untuk berselancar di dunia, menarik turis dari berbagai negara. Namun, kejadian nahas ini mengingatkan akan pentingnya keselamatan saat beraktivitas di perairan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar