Sjafrie Sjamsoeddin Kini Jabat Menteri Pertahanan RI

Nasional858 Dilihat

JAKARTA – Sjafrie Sjamsoeddin resmi dilantik sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia untuk periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10/2024), dipimpin oleh Presiden RI, Prabowo Subianto dalam rangka pelantikan jajaran Menteri Kabinet Merah Putih.

Pelantikan tersebut dimulai pukul 10.00 WIB dan di awali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dalam upacara tersebut, Presiden Prabowo membacakan sumpah jabatan yang diikuti oleh seluruh menteri yang dilantik.

“Bersediakah saudara-saudara diambil untuk sumpah janji menurut agama dan kepercayaan masing-masing?” tanya Presiden. Dengan tegas, para anggota Kabinet Merah Putih menjawab, “Bersedia.”

Baca Juga: Protes Lidia Thorpe: “Anda Bukan Rajaku”, Hiasi Kunjungan Raja Charles ke Australia

Presiden melanjutkan, “Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan sebaik-baiknya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara.” Pernyataan ini disambut dengan antusiasme oleh para menteri yang hadir.

Setelah prosesi sumpah, para menteri melakukan penandatanganan yang disaksikan langsung oleh Presiden Prabowo.

Profil Sjafrie Sjamsoeddin

Sjafrie Sjamsoeddin bukanlah wajah baru di dunia pertahanan. Ia merupakan lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) tahun 1974 dengan pangkat terakhir sebagai Letnan Jenderal (Purn).

Sebelumnya, Sjafrie telah menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan di bawah pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2010. Ia juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan pada tahun 2005.

Dengan pengalaman luas di bidang pertahanan, Sjafrie diharapkan mampu membawa perubahan dan kemajuan dalam sektor pertahanan Indonesia selama masa jabatannya sebagai Menteri Pertahanan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar