Kepala Bakamla Bahas Hubungan Diplomatik dengan Polandia

Kabar Mabes2 Dilihat

JAKARTA – Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, Laksdya TNI Aan Kurnia, membahas hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Polandia yang telah berlangsung selama 65 tahun. Hal itu terungkap pada kunjungan kerja ChargĂ© d’affaires Republik Polandia, Piotr Firlus, di Mabes Bakamla, Jakarta Pusat, Selasa (18/8/2020).

Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI, Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, dalam keterangan tertulisnya, mengatakan pembahasan hubungan diplomatik menjadi salah satu latar belakang pertemuan tersebut.

“Dalam kaitannya keamanan maritim, pada pertemuan itu Piotr Firlus menjelaskan bahwa Republik Polandia memiliki instansi yang bertugas melakukan fungsi patroli pantai, perlindungan batas maritim, dan pencarian dan pertolongan di laut,” ujarnya.

“Polish Border Guard atau Straz Graniczna (SG) berada di bawah Kementerian Dalam Negeri dan Administrasi Republik Polandia,” Wisnu menambahkan.

Wisnu menjelaskan, di Polish Border Guard Polandia dipimpin berpangkat Brigadir Jenderal. Dimana melakukan tugas patroli perbatasan untuk keamanan dan kesatuan di tingkat nasional, bea dan cukai, serta patroli keamanan dan keselamatan di laut.

Dalam kesempatan itu, Kepala Bakamla, Laksdya TNI Aan Kurnia, menjelaskan penting bagi kedua instansi untuk mempererat hubungan kerja sama.

“Tidak menutup kemungkinan, di masa mendatang akan bekerja sama dalam kegiatan pengamanan maritim di kawasan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *