Militer Singapura Uji Coba Kapal Tak Berawak

Internasional10 Dilihat

JERNIH – Militer Singapura mulai melakukan pengujian terhadap kapal permukaan tak berawak pertahanan pantai (USV), yang pada akhirnya akan dikerahkan untuk melakukan tugas patroli maritim di sepanjang Selat Singapura.

Ditulis Janes, Rabu (7/10/2020), Kapal buatan Singapore Technologies (ST) Electronics, terlihat melakukan uji coba di perairan lepas pantai barat Singapura.

“(Bakal) ditugaskan untuk mengambil alih operasi tertentu oleh Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) dan pantai kelas Independence,” tulis Janes.

Pejabat Singapura mengatakan, akan memungkinkan kapal perang berawak seperti LMV, untuk dikerahkan pada jarak yang lebih jauh dari Singapura dan lebih strategis untuk misi yang kompleks.

Dari gambar yang beredar, lanjut Janes, kapal tersebut dibangun dengan karakteristik fisik yang sebagian besar mirip dengan varian penanggulangan ranjau (MCM), yang telah dikembangkan sebelumnya di bawah kemitraan antara RSN dan Badan Sains dan Teknologi Pertahanan (DSTA) dan DSO National.

Kapal tak berawak itu, memiliki panjang keseluruhan sekitar 16 m, dengan berat sekitar 30 ton. Dengan kecepatan tertinggi lebih dari 25 knot dan daya tahan lebih dari 36 jam.

USV bakal dilengkapi dengan lampu strobo, sirene, sensor canggih, dan sistem senjata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *