Gaungkan Musik Kolintang, PINKAN Indonesia Jajaki Kerjasama dengan TVRI

Nasional5 Dilihat

JAKARTA – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia mengunjungi Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI), dalam upaya menjajaki kerjasama guna menggaungkan atau mempublikasikan Ansambel Musik Kolintang Kayu (AMKK) Minahasa atau lebih dikenal dengan musik Kolintang ke seluruh pelosok negeri bahkan sampai ke mancanegara.

Ketua Umum PINKAN, Penny Iriana Marsetio, berharap pertemuan itu dapat menjalin kerjasama yang lebih konkrit dengan TVRI dalam upaya memperkenalkan salah satu kekayaan budaya nusantara yaitu musik Kolintang ke seluruh masyarakat.

“(Ini) terutama generasi muda atau generasi milenial agar dapat mengenal dan mencintai seni musik khas daerah yang ada di Indonesia,” ujarnya di Jakarta, Rabu (10/3/2021).

Ia menjelaskan, musik kolintang merupakan musik asli dari Minahasa, Sulawesi Utara yang biasa dimainkan oleh masyarakat untuk mengiringi acara tertentu, dan upacara adat.

Tak hanya itu, musik tersebut juga kerap mengiringi lagu rohani saat ibadah di tempat-tempat ibadah, termasuk di sekolah mulai tingkat sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi.

Pihanya juga terus berupaya agar musik Kolintang juga dapat diakui dunia. Salah satunya melalui lembaga United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

“Salah satu wadah untuk mempublikasikan dan mensosialisasikannya adalah melalui TVRI, yang dapat dilihat dan disaksikan oleh seluruh lapisan masyarakat”, kata dua.

Dalam kesempatan itu, Direktur Umum TVRI, Meggy Rares, mengatakan pihaknya akan mendukung dan siap memfasilitasi PINKAN Indonesia dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

“TVRI akan selalu siap memberikan dukungan melalui program dan dukungan peliputan,” katanya.

Senada, Direktur Pemberitaan dan Program TVRI, Pipit Irianto, menyampaikan ada beberapa program yang dapat dijadikan sarana untuk publikasi sekaligus mensosialisasikan musik kolintang ke seluruh Indonesia. Dimana program tersebut antara lain Salam Manis, Bunga Katulistiwa, Pesona Indonesia, dan peliputan kegiatan lainnya.

“Selain itu, ada juga program TVRI Nasional yang berkolaborasi dengan TVRI Stasuin Daerah untuk mengakomodir kegiatan Sanggar dan Komunitas serta Grup yang akan mengisi program acara di TVRI daerah,” ujar dia.

Diakhir pertemuan disepakati, guna menindaklanjuti kerjasama tersebut DPP PINKAN Indonesia akan memberikan satu set alat Kolintang ke TVRI sehingga dapat digunakan pada saat mengisi acara yang sudah diprogramkan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *