Pembakar Al-Quran Ditangkap, Ini Motifnya

Nasional7 Dilihat

JAKARTA – Polres Metro Jakarta Selatan berhasil menangkap seorang pelaku pembakaran Alquran yang viral di media sosial sejak senin (24/5/2021). Dari hasil pemeriksaan, rupanya pelaku yang berinisial M membakar Alquran karena sakit hari dengan mantan kekasihnya.

“Setelah kami telusuri, ternyata digunakan oleh mantan teman laki-laki dari wanita yang namanya digunakan untuk menyebarkan kebencian tersebut,” ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Azis Andriansyah, di Jakarta, Selasa (25/5/2021).

Ia menjelaskan, kasus bermula dari pelaku yang berinisial M menggunakan akun Instagram mantan kekasihnya, dengan menyebarkan konten pembakaran Alquran. Karenanya, kasus tersebut masuk dalam kategori ujaran kebencian.

“Akibat dari didahului dari hubungan dekat dulu, kemudian muncul ketersinggungan akhirnya dengan maksud untuk membalas dendam atau membalas sakit hati,” kata dia.

Alhasil, pelaku pun membuat akun palsu di Instagram yang mengatasnamakan korban, selain itu pelaku juga menggunakan konten ujaran kebencian agar dendamnya terbalaskan terhadap korban.

“Kemudian kenapa dia melakukan hal tersebut dengan menggunakan identitas agama, menjadi cepat viral begitu, balas dendamnya tersampaikan kepada wanita tersebut,” katanya.

Menurut Azis, untuk kitab suci Alquran itu tidak ada aksi pembakaran, pelaku hanya mengunggah video ujaran hasil mengunduh dari internet.

“Dia tidak membakar beneran, tapi dia mengupload konten yang lain tapi kemudian menambahkan ujaran kebencian kemudian ditambahkan background seorang wanita kemudian ditawarkan secara komersial di media sosial kan begitu,” ujar dia.

Diketahui beberapa hari yang lalu beredar sebuah video penangkapan pelaku yang mengunggah pembakaran Alquran tertangkap di media sosial. Video penangkapan ini diunggah oleh akun Instagram @Ndorobeii.

“Pelaku yang upload pembakaran Alquran, Nama perempuan yg d IG itu bkn pemilik akun yg sebenarnya. Tkp penangkapan, jl. Tanjung duren Timur 1, tanjung duren, jakbar hr senin tgl 24 mei 2021, jm 01:00 wib. Bergerak senyap thanks for @yuri_mbeling,” tulis @Ndorobeii.

Dalam tayangan video itu menampilkan alamat akun instagram si pelaku, foto-foto-foto wanita berjilbab, foto lembaran Alquran terbakar, dan tentunnya video proses penangkapan oleh aparat kepolisian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *