Ridwan Kamil Siap Bantu ‘Modal’ Eks Napi Terorisme

Nasional5 Dilihat

GARDANASIONAL, BANDUNG – Pemenuhan kebutunan ekonomi dengan memberikan bantuan merupakan salah satu upaya yang dilakukan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk merangkul pada eks narapidana terorisme (napiter).

Ridwan mengatakan, pemberdayaan ekonomi sebagai bagian strategi dari program deradikalisasi yang menjadi prioritas pemerintah. Hal itupun baru diketahui setelah dirinya bertemu dengan sejumlah mantan napiter.

Karena itu, ia mengaku akan menyiapkan modal agar eks napiter bisa berdikari. “Pokoknya saya rangkul, kami akan kasih modal, mereka akan menggunakan modal itu untuk pertanian, UMKM, dan mereka mau bantu mengkampanyekan deradikalisasi di Jabar,” ujarnya di Bandung baru-baru ini.

Menurutnya, para napiters merupakan korban yang tidak boleh dijauhi. Sehingga hubungan emosional akan terjalin dan mereka akan merasakan kehadiran pemerintah.

“Saya menggunakan politik merangkul bukan menjauhi supaya, mereka tidak kembali lagi karena satu dan hal lain lagi,” katanya.

Meski tak menyebut berapa jumlah para napiter tersebut. Namun Kang Emil yakin, terbanyak di Jawa Barat. “Ada puluhan dari Bogor sampe Garut banyak. Di tempat masing-masing mereka mengembangkan dirinya,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *