Mantan Sestama BNPT, Kini Jabat Pangdam Jaya

Nasional3 Dilihat

JAKARTA – Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa memutasi sejumlah perwira tinggi (Pati) TNI AD. Salah satunya Panglima Kodam Jaya, dari Mayjen Mulyo Aji ke Mayjen Untung Budiharto.

Sementara Mayjen TNI Mulyo Aji diangkat sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator Biang Politik, Hukum, dan Keamanan (Seskemenko Polhukam) dan mendapat promosi jabatan dengan status bintang tiga.

Mutasi tersebut tertuang dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/5/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Surat Keputusan (Skep) tersebut diteken Kepala Setum TNI, Brigjen Edy Rochmatullah pada Selasa (4/1/2022).

“Betul. Dalam waktu dekat akan dilaksanakan acara serah terima jabatan Pangdam Jaya dari Mayjen TNI Mulyo Mulyo Aji, M.A kepada Mayjen TNI Untung Budiharto,” ujar Kapendam Jaya, Letkol Cpm Dwi Indra Wirawan, di Jakarta, Kamis (6/1/2022).

Salinan keputusan itu juga disampaikan kepada Menko Polhukam, Mahfud MD, dan para kepala staf angkatan di tiga matra.

Sekadar diketahui, Untung merupakan alumni Akademi Militer angkatan 1988 dari kecabangan infanteri. Ia adalah salah satu dari anggota Tim Mawar yang dibentuk Menteri Pertahanan, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Prabowo Subianto pada tahun 1990-an.

Sejumlah jabatan pernah diembannya, di antaranya Direktur Operasi dan Latihan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan pada tahun 2020, Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada 202 hingga 2021.

Jabatan terakhir sebelum menjabat Pangdam Jaya, Untung menjabat sebagai Staf Khusus Panglima TNI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *