Radikalisme dan Investasi Sama Pentingnya, Tegas Gubernur Lemhanas

Nasional3 Dilihat

GARDANASIONAL, JAKARTA – Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional ( Lemhanas), Agus Widjojo, mengatakan isu radikalisme yang kerap meresahkan masyarakat justru harus menjadi perhatian pemerintah dan tidak kalah penting dibandingkan persoalan peningkatan investasi.

Karena itu, dirinya tak sepakat dengan anggapan bahwa peningkatan investasi lebih penting daripada isu radikalisme. “Jadi radikalisme itu penting. Antara radikalisme, radikalisasi, dan investasi itu jangan kita anggap sebagai hitam putih,” ujarnya di Jakarta.

“Dua-duanya penting untuk kita treat (perhatikan). Dua-duanya penting untuk kita tinjau,” Agus menambahkan.

Hal itu menanggapi pernyataan Wakil Ketua Gerindra, Fadli Zon. Fadli Zon mengkritik adanya pernyataan pemerintah yang ia anggap kontradiktif. Di satu sisi pemerintah ingin meningkatkan investasi, khususnya dari luar negeri, untuk meningkatkan sektor ekonomi. Namun, di sisi lain pemerintah juga melontarkan isu radikalisme yang harus diwaspadai oleh masyarakat.

Menurut Fadli, isu radikalisme yang tengah berhembus justru membuat para investor takut untuk berinvestasi di dalam negeri.

Namun berbeda dengan Agus, permasalahan radikalisme dan investasi seharusnya dilihat secara kontekstual dan integratif. “Jadi memang untuk hal ini tidak untuk melihatnya dalam hitam putih. Radikalisasi saja atau investasi saja. Kalau radikalisasi itu kemudian mengecilkan investasi tapi kita lihat secara kontekstual dan secara integratif,” jelasnya.

Selain itu, radikalisme saat ini penting untuk menjadi perhatian pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya. Pasalnya, radikalisasi di tengah masyarakat memang benar-benar terjadi dan ada upaya dari kelompok tertentu untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara.

“Kita bertanya apakah kita sudah melihat dampak-dampak dari radikalisasi di lapangan secara konkret? Itu sangat membahayakan dan sangat terlihat ada usaha-usaha untuk menggantikan Pancasila,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *