Masohi, Tradisi Maluku yang Turut Dijaga Personel TNI

Kabar Mabes5 Dilihat

GARDANASIONAL, MALUKU – Untuk melestarikan tradisi Masohi di Negeri Seith, Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah, Satuan Tugas Operasi Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Ops Pamrahwan) Maluku Batalyon Infanteri Raider Khusus (Yonif RK) 136/TS turut membantu pembangunan rumah warga setempat.

Masohi merupakan istilah gotong royong yang digunakan masyarakat dan dijadikan sebagai tradisi, memiliki arti kebersamaan dalam pembangunan untuk mencapai kesejahteraan bersama di tanah Maluku. Warisan leluhur tersebut hingga kini masih dipertahankan.

Karena itu dalam pelaksanaannya, personel Pos Seith SSK I Satgas Ops Pamrahwan Maluku Yonif RK 136/TS yang dipimpin Serka Erwin Siregar ikut membantu pembangunan rumah warga pada Kamis (21/11/2019).

“Tradisi tersebut merupakan peninggalan para leluhur yang harus selalu dilestarikan dan dijaga guna mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat,” ujar Erwin seperti dirilis Puspen TNI di Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Jamal, salah satu warga, menjelaskan pihaknya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas Yonif RK 136/TS yang telah berpartisipasi membantu dalam kegiatan gotong royong di Negeri Seith.

“Kami sangat senang dengan personel Satgas Yonif RK 136/TS yang selalu hadir ditengah-tengah masyarakat, baik dalam kegiatan gotong royong maupun lainnya seperti kegiatan ibadah” katanya.

Senada dengan itu, Sulaiman – pejabat Negeri Seith – berharap dengan digerakannya kegiatan seperti ini, tradisi Masohi yang merupakan peninggalan para leluhur akan terus terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *