Sinergi BNPT dan KKP: 50 Ribu Benih Ikan Nila untuk Mitra Deradikalisasi di Boyolali

Daerah, Nasional655 Dilihat

BOYOLALI – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersinergi dengan Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), telah melaksanakan penyerahan bantuan sebanyak 50 ribu benih Ikan Nila kepada mitra deradikalisasi di Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan ini menjadi salah satu langkah nyata kehadiran negara dalam mendukung masyarakat, khususnya para mitra deradikalisasi.

Kepala Biro Perencanaan, Hukum dan Humas (Karorenhukmas) BNPT, Brigjen Pol Tedjo Wijanarko, menekankan bahwa pemberian benih ikan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat.

“BNPT dan KKP merupakan bagian dari negara yang harus hadir di tengah masyarakat, siapapun dia, termasuk para mitra deradikalisasi yang juga saudara-saudara kita,” ujarnya dikutip dari unggahan bnpt.go.id, Sabtu (5/10/2024).

Baca Juga: Sinergi TNI dan BNPT: Menguatkan Pertahanan Nasional dalam Menghadapi Ancaman Terorisme

Brigjen Tedjo berharap, bantuan benih ikan ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh para penerima manfaat, sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi mereka.

“Kami berharap bantuan benih ikan ini dapat dimaksimalkan dengan baik oleh penerima manfaat agar dapat membantu pemberdayaan ekonomi mereka,” tambahnya.

Sementara itu, Plh. Kepala BBPBAT Sukabumi, Muhammad Nurdin, menjelaskan sinergisitas dalam pemberian bantuan ini tidak hanya berhenti pada penyerahan benih saja.

Pihaknya berkomitmen untuk melakukan koordinasi dengan dinas terkait dan penyuluh pemberdayaan ikan di sekitar Boyolali untuk memantau perkembangan budidaya Ikan Nila tersebut.

“Agar ikan yang dibudidayakan ini bisa maksimal perkembangannya dan bermanfaat, kami melakukan koordinasi dengan dinas terkait dan penyuluh di sekitar lokasi ini agar ke depannya ada monitoring sehingga bisa terpantau,” ungkapnya.

Baca Lagi: Pancasila: Jembatan Perbedaan dan Penangkal Radikalisme di Indonesia

Tarto, salah satu penerima manfaat, menyatakan rasa syukur dan kebahagiaannya atas bantuan yang diterima. Ia berharap program-program bantuan yang mendukung pemberdayaan ekonomi ini dapat berlanjut dan berkembang.

“Harapannya ke depan ini semakin gencar dan terlebih nanti ada program-program bantuan yang lain,” katanya.

Setelah prosesi simbolis penyerahan benih Ikan Nila, benih ikan tersebut selanjutnya diantarkan ke keramba di Waduk Cengklik Boyolali untuk dilepaskan ke dalam air.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat dan mendukung upaya pemberdayaan ekonomi melalui budidaya perikanan.

Dengan langkah ini, BNPT dan KKP menunjukkan komitmen mereka dalam mendukung masyarakat, terutama dalam konteks deradikalisasi dan pemberdayaan ekonomi, yang merupakan bagian penting dari pembangunan sosial di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar