Presiden Jokowi Benarkan Menantu Menteri Luhut Masuk Kandidat KSAD

Kabar Mabes, Nasional913 Dilihat

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, bakal memutuskan nama Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) pengganti Jenderal TNI Agus Subiyanto yang sudah dilantik menjadi Panglima TNI.

“Minggu depan ini saya kira kita putuskan,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (25/11/2023).

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga membenarkan bahwa Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letjen Maruli Simanjuntak, menjadi salah satu kandidat KSAD.

“(Letjen Maruli) salah satu kandidat, iya,” kata Jokowi. 

Jokowi tak menyebutkan nama lain saat ditanya siapa saja perwira TNI AD yang masuk daftar kandidat KSAD berikutnya.

Diketahui, posisi KSAD saat ini masih kosong karena KSAD sebelumnya, Jenderal Agus Subiyanto, dilantik menjadi panglima TNI pada Rabu (22/11/2023) lalu.

Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid mengatakan, ada tiga nama yang berpeluang mengisi posisi KSAD yakni Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Letjen TNI Suharyanto, dan Letjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Suharyanto adalah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sedangkan Nyoman adalah Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) KSAD.

Potensi Letjen Maruli Simanjuntak menjadi KSAD cukup menarik atensi publik. Alasannya, Maruli merupakan menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan.

Letjen Maruli Simanjuntak saat ini menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). 

Ia lahir pada 27 Februari 1970 di Bandung, Jawa Barat. Merupakan alumni Akademi Militer 1992 dan pernah menduduki berbagai posisi dan jabatan strategis dalam dunia militer.

Pada 2002, Maruli menjabat sebagai Komandan Detasemen Tempur Cakra. Tiga tahun berselang menjadi Perwira Bantuan Madya Operasi Kopassus. 

Pada 2008, Maruli dipercaya untuk menjadi Komandan Batalyon 21 Grup 2 Kopassus. Di tahun yang sama, ia ditunjuk menjadi Komandan Sekolah Komando Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus.

Dua tahun kemudian, Maruli promosi menjadi Wakil Komandan Grup 1 Kopassus. Pada 2014, ia ditunjuk menjadi Komandan Grup A Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

Pada 2016-2017, Maruli diangkat menjadi Komandan Korem 074/Warastratama dan Wakil Komandan Paspampres. Selanjutnya, ia menjadi Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) IV/Diponegoro dan menjadi Komandan Paspampres sejak 2018 hingga 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *