Tangkal Radikalisme, BNPT RI Sambangi Desa Kebonpedes yang Masuk Desa Siapsiaga

Nasional918 Dilihat

SUKABUMI – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI kembali hadir melakukan penguatan daya tangkal masyarakat terhadap ideologi radikalisme melalui program Desa Siapsiaga di Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi pada Selasa malam (12/9/2023).

BNPT RI berupaya melakukan penguatan daya tangkal dengan meningkatkan kewaspadaan masyarakat desa setempat terhadap proses rekrutmen dan pendanaan kelompok terorisme dan radikalisme.

“Dalam melihat tindak pidana terorisme dan kelompok radikal kita harus pahami dan mewaspadai juga proses perekerutan dan pendanaan kelompok radikal,” ujar Kepala Sub Direktorat Kesiapsiagaan dan Pengendalian Krisis pada Direktorat Penindakan Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT RI, Kolonel Inf Indra Gunawan, yang diwakili Kepala Seksi Kesiapsiagaan, Nurul Huda Syufi Prabowo.

Sementara mantan anggota NII, Leny Dessy Siregar, membeberkan proses rekrutmen kelompok radikal biasanya menggunakan metode menafsirkan ayat-ayat pada kitab suci yang telah disesuaikan dengan tujuan terselubung mereka.

“Mereka menafsirkan isi kitab suci sesuai dengan versi mereka,” katanya.

Mantan anggota NII lainnya, Andri Susanto menambahkan, kelompok radikal biasanya mulai menciptakan narasi yang membentur-benturkan ideologi negara dengan agama.

“Lama kelamaan mereka mulai menciptakan narasi seperti Pancasila itu thaghut dan sebagainya,” kata dia.

Kepala Desa Kebonpedes, Dadan Apriandani, berharap warganya dapat menjadi siap siaga demi keamanan dan ketertiban Desa Kebonpedes dari ancaman radikalisme dan terorisme.

“Mudah mudahan desa kita diberi keberkahan dan keamanan. Desa kita menjadi pilot project Desa Siapsiaga, kita harus siapsiaga dari paparan ideologi kekerasan yang mencoba memecah belah bangsa,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Desa Siapsiaga adalah program dari BNPT RI yang bertujuan untuk menciptakan desa yang toleran dan mampu mencegah masuknya ideologi radikalisme, ekstremisme, dan terorisme. 

Desa Kebonpedes merupakan satu dari lima desa di lima provinsi berbeda yaitu Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, NTB dan Lampung yang menjadi pilot project program Desa Siapsiaga.

Sebelumnya pada Juli 2023 lalu, BNPT RI secara resmi telah mengukuhkan Desa Pelaminan di Provinsi Banten sebagai Desa Siapsiaga. Masyarakat desa Pelamunan sudah dikategorikan tanggap dan siap dalam menghadapi ancaman ideologi radikal terorisme.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *