Angkatan Laut Swedia Modernisasi Kapal Selam Kelas Gotland

Persenjataan9 Dilihat

JAKARTA – Angkatan Laut Swedia (Svenska Marinen) menerima pengiriman Kapal Selam A19 HSwMS Gotland hasil update menyusul serangkaian peningkatan termasuk penggerak udara independen baru (AIP) dan sistem tempur.

“HMS Gotland sekarang adalah kapal selam paling modern dan paling efisien di Baltik dan Laut Utara,” kata Angkatan Bersenjata Swedia (Försvarsmakten) dalam sebuah pernyataan yang dirilis Military.com, Jumat (22/5/2020).

“Angkatan Bersenjata Swedia dan Armada Kapal Selam Pertama menerima peningkatan dari pabrik Saab Kockum,” Military melajutkan.

Kapal yang dimodernisasi memiliki sistem Stirling AIP yang ditingkatkan dari Mk2 ke Mk3, merupakan sistem tempur yang mirip dengan kapal selam generasi berikutnya yang akan menerima Blekinge (A26), sebuah tiang kapal baru yang lengkap dengan sistem peperangan elektronik (EW), sistem manajemen, sensor, dan komunikasi baru, selain perluasan lambung kapal selam dengan menambahkan bagian 2 meter.

“Modifikasinya termasuk sistem pengawasan kapal baru, sistem pertempuran, manajemen kebakaran baru, kunci selam, dan mesin Stirling yang lebih modern. Ini berarti bahwa kapal selam bahkan lebih tenang, membuatnya lebih sulit untuk berburu dan bertarung,” kata Military.

Sebelumnya, tiga unit kapal selam kelas Gotland yakni HSwMS Gotland, HSwMS Uppland, dan HSwMS Halland, ditugaskan sejak akhir 1990-an.

Namun dua kapal pertama telah menyelesaikan peningkatan paruh baya komprehensif (MLU). “HMS Gotland adalah yang pertama dari dua kapal selam Gotland yang telah mengalami modifikasi paruh waktu. Yang lainnya adalah HMS Uppland, yang akan segera siap untuk pengiriman,” tulis Military.

Ada juga opsi untuk modernisasi dan peningkatan kapal selam ketiga.

“Modifikasi dari dua kapal selam Gotland mewakili langkah besar menuju generasi berikutnya dari kapal selam di Angkatan Bersenjata Swedia, yang berjalan di bawah penunjukan A26,” tambah Military.

Lebih dari 20 sistem baru di kapal, kelas Gotland baru akan dipasang di kapal A26 terbaru Saab. Dengan spesifikasi utama dari kapal selam kelas Gotland yang ditingkatkan, di antaranya panjangnya 62,7m, menggunakan dua mesin MTU diesel-listrik dan dua unit AIP Stirling v4-275R Stirling.

Untuk kecepatan, kapal selam modifikasi tersebut memiliki kecepatan 11 knot saat dipermukaan dan 20 knot saat terendam serta diawaki oleh 32 personel.

Tak kalah penting yakni senjata yang terpasang. Memiliki 4 × 533 mm tabung Torpedo dan 2 × 400 mm tabung Torpedo. Disamping terdapat 48 senjata lain Angkatan Laut yang dipasang secara eksternal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *