BNPT RI Gandeng K-PTIK Hadirkan Warung NKRI Digital

Nasional885 Dilihat

KLATEN – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggandeng Komite Penyelarasan Teknologi Informasi dan Komunikasi (KPTIK) melakukan inovasi dengan menghadirkan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (warung NKRI) Digital (Demi Indonesia, Gerakan Informasi & Teknologi yang Aman dan Lancar) yang melibatkan sebanyak 36 pengelola Warung NKRI secara online.

Kepala BNPT RI, Komjen Pol Prof. Mohammed Rycko Amelza Dahiel, menyampaikan Warung NKRI Digital merupakan warung tradisional yang menjual kebutuhan sehari-hari yang dikombinasikan dengan perangkat digital dalam rangka meningkatkan penyebaran informasi, fasilitasi, edukasi dan komunikasi serta koordinasi.

“Warung NKRI Digital merupakan Warung Tradisional yang menjual kebutuhan sehari-hari dikombinasikan dengan warung digital. Melalui Warung Digital sinergi dapat terjadi dan meningkat kualitas warung itu sendiri,” ujarnya ketika meresmikan Warung NKRI Digital pertama di Pawon N’Deso Desa Kahuman, Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (7/2/2024).

Dihadapan 12 Mitra Deradikalisasi yang hadir, Mantan Kalemdiklat Polri ini juga menuturkan BNPT sebagai leading sector penanggulangan terorisme mengajak mitra deradikalisasi untuk memanfaatkan fasilitas ini agar dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

“Setelah bebas (dari lembaga pemasyarakatan), negara hadir dalam meningkatkan kualitas kehidupan mitra derad ini terutama kualitas kesejahteraan mereka salah satunya melalui warung NKRI Digital,” katanya.

Selain mendukung program deradikalisasi berbasis kesejahteraan, Warung NKRI Digital akan menjadi wadah penyebaran narasi dan wawasan kebangsaan dalam rangka meningkatkan, merajut dan mempertahankan rasa persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa.

“Yang paling penting tujuan dari Warung NKRI Digital ini dapat merajut persatuan dan kesatuan, persaudaraan, pertemanan dan cinta tanah air antar sesama anak bangsa,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Mulyani, mengatakan pihaknya mendukung penuh dilaunching-nya Warung NKRI Digital di wilayahnya. Dirinya yakin hadirnya program dari BNPT RI ini dapat mendukung dari segi peningkatan ekonomi daerah dan juga secara umum menjaga persatuan dan kesatuan di wilayah Kabupaten Klaten.

“Dengan dilaunching-nya Warung NKRI digital di Klaten, harapannya Klaten semakin aman dan nyaman dan Warung NKRI Digital bisa membantu promosi ekonomi unggulan Klaten sehingga Klaten semakin kondusif, mandiri,maju dan sejahtera,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman antara BNPT dengan KPTIK yang dilakukan oleh, Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Mayjen TNI Roedy Widodo dan Ketua dan Ketua Komite Penyelarasan Teknologi Informasi dan Komunikasi (KPTIK), Ir. Dedi Yudianto, MBA sebagai awal pelaksanaan Warung NKRI Digital ini. Disamping itu, BNPT juga menyerahkan beasiswa pelatihan kepada perwakilan pemuda desa agar dapat meningkatkan kapasitas diri sehingga dapat optimal memanfaatkan Warung NKRI Digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *