Cegah Dini Penularan HIV/AIDS, untuk KRI Diponegoro-365

Kabar Mabes561 Dilihat

JAKARTA – Guna mencegah secara dini penularan HIV/AIDS di daerah misi, prajurit KRI Diponegoro-365 yang saat ini tergabung Satgas Maritim TNI Konga XVIII-O UNIFIL menerima pembekalan dan penyuluhan tentang Human Immunodificiency Virus and Acquired Immunodeficiency Syndrome atau HIV/AIDS yang bertempat di Loungeroom Tamtama.

Kabidpeninter Puspen TNI, Letkol Cba Tedi Rudianto, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (9/2/2024), pembekalan kali ini diberikan langsung oleh UN HIV Trainer and Counselor di Lebanon yaitu Mrs. Kinana Rahal.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa HIV/AIDS saat ini tidak hanya saja menjadi masalah kesehatan, namun juga menjadi sebuah isu keamanan secara global. Maka dari itu, United Nations (UN) sangat memberikan perhatian khusus kepada para personil yang saat ini berstatus blue helmet,” katanya.

Komandan KRI DPN-365 sekaligus Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII/O UNIFIL, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, menjelaskan kegiatan ini, selain meningkatkan pengetahuan para prajurit KRI tentang bagaimana HIV/AIDS berawal, pencegahan serta penularan nya, juga diharapkan dapat mencegah perilaku berisiko HIV/AIDS.

“Bagaimana sikap kita sebagai perwakilan negara di UNIFIL dalam menghadapi dan menerima masyarakat yang terkena virus,” kata dia.

Hal tersebut selaras dengan visi TNI yang disampaikan oleh Panglima TNI tentang TNI yang PRIMA (Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif). Hal tersebut sangat Responsif khususnya bahanya penyakit HIV/AIDS terhadap para prajurit TNI yang sedang bertugas dalam Satgas MTF TNI Kongo XXVIII-O UNIFIL.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *