Dua Alutsista Buatan dalam Negeri Perkuat Lanal Nunukan

Kabar Mabes11 Dilihat

BANYUWANGI – Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Nunukan kembali mendapatkan tambahan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) berupa Sea Rider buatan PT Lundin Industry Invest, yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (26/3/2020).

Komadan Lanal Nunukan, Letkol Laut (P) Anton Pratomo, membenarkan pihaknya mendapat sebanyak dua Alutsista jenis Sea Rider yang telah dilakukan serah terima dari perusahaan PT Lundin Industry Invest kepada Lanal Nunukan, yang diwakili Penjabat Sementara (Pjs) Pasops Lanal Nunukan, Lettu Laut (P) Nanang Setyo Budi.

Usai dilakukan serah terima, Sea Rider langsung diujicoba dari pelabuhan Tunon Taka Nunukan, menuju Mako Lanal Nunukan. Sea Rider sendiri dilengkapi dengan dua mesin gantung merk Yamaha 300 PK.

Alutsista ini memiliki kecepatan maksimal 60 Knot di atas permukaan laut. Juga dilengkapi alat navigasi yang cukup canggih, seperti radar, AIS (Automatic Identification System), dan Thermal Camera (Kamera Pendeteksi Temperatur).

Dengan adanya Sea Rider, personil patroli Lanal Nunukan setidaknya bisa mendeteksi musuh ataupun hal-hal membahayakan meski, dalam kondisi minim penerangan atau kegelapan, apabila ditunjang dengan kecepatan yang melebihi spedboot biasa, di wilayah perbatasan Nunukan.

“Sea Rider kita mampu mendeteksi musuh walaupun minim penerangan. Soal kecepatan, jangan diragukan lagi,” katanya.

Sea Rider tersebut diharapakan mampu menjaga wilayah kedaulatan teritorial laut Indonesia bagian utara Kalimantan, sekaligus dapat menjawab segala ancaman di perairan perbatasan Nunukan.

“Gangguan, hambatan dan tantangan di perairan perbatasan semakin kompleks. Kedepannya, Sea Rider juga akan dilengkapi dengan senjata kaliber 7,65 MM di bagian di haluan,” ujar dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *