Indonesia – Kamboja Kerja Sama Atasi Perdagangan Orang hingga Lindungi WNI

JAKARTA – Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Kamboja, Santo Darmosumarto bertemu dengan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Dalam Negeri, Sar Sokha, untuk membahas upaya dalam memperkuat kerjasama bilateral, termasuk dalam memerangi kejahatan terorganisir lintas negara.

Dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri, Rabu (15/5/2024), Duta Besar Darmosumarto menyampaikan penghargaannya atas dukungan dan bantuan terus menerus dari Pemerintah Kamboja terhadap berbagai upaya yang dilakukan oleh Kedutaan Besar Indonesia di Phnom Penh untuk memfasilitasi kebutuhan dan melindungi warga negara Indonesia di Kamboja.

Dukungan tersebut juga memastikan penyelenggaraan Pemilihan Umum Indonesia bulan Februari lalu, yang berlangsung di Phnom Penh, Sihanoukville, Poipet, Chrey Thum, dan Bavet, berjalan lancar.

Dalam mengatasi kejahatan terorganisir lintas negara, khususnya perdagangan orang, kejahatan cyber, dan perdagangan narkoba, Duta Besar Darmosumarto mengapresiasi kerjasama di antara lembaga terkait di kedua negara, terutama Kepolisian Nasional Kamboja dan Departemen Umum Imigrasi.

Wakil Perdana Menteri, Sar Sokha mengakui bahwa lembaga-lembaga ini telah secara aktif merespons laporan dari warga negara Indonesia yang menjadi korban kejahatan tersebut.

Menurut data statistik dari otoritas Kamboja, diperkirakan terdapat sekitar 100 ribu warga negara Indonesia yang tinggal di Kamboja. Ini merupakan peningkatan dramatis, jika dibandingkan dengan sebelum Covid-19 hanya ada sekitar 2.000 orang Indonesia tinggal di Kamboja. Mereka bekerja di berbagai pekerjaan antara lain sebagai staf hotel, insinyur cyber, hingga pemilik restoran.

Indonesia juga siap untuk berbagi pengalaman dan keahliannya dalam mengatasi ancaman terorisme internasional. Ada juga potensi untuk kerjasama konkret dalam memerangi perdagangan narkoba dan kejahatan cyber, karena kedua negara bekerja sama untuk memastikan stabilitas dan perdamaian di wilayah. Hal ini penting jika Asia Tenggara ingin tetap menjadi motor penggerak pembangunan ekonomi global.

‚Äč‚ÄčKetika kedua negara berjuang untuk pembangunan dan kemakmuran, kerjasama antara Indonesia dan Kamboja sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif untuk pembangunan.

Dengan bekerja sama, Indonesia dan Kamboja menegaskan komitmen bersama mereka untuk memerangi kejahatan lintas negara dan melindungi kepentingan kedua negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *