Inspektorat BNPT RI Fokus Tingkatkan Kapabilitas Aparat Pengawasan

Nasional936 Dilihat

BOGOR – Inspektorat Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI, fokus meningkatkan kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Salah satu elemen penting dalam mewujudkan upaya tersebut, adalah membangun komunikasi yang baik antar APIP, sehingga terbangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang solid dan kompeten. 

“Kami menyambut baik kedatangan inspektorat ANRI (Arsip Nasional RI ) untuk menyambung tali silarurahmi, agar kita semakin solid,” ujar Inspektur BNPT RI, Catur Iman Pratignyo, dalam kegiatan Team Building APIP BNPT RI dan ANRI tahun 2023 di Gedung BNPT Sentul, Jumat (14/9/2023).

Ia menambahkan, dasar diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah pedoman AAIPI (Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia), agar inspektorat K/L atau pemerintah daerah (Pemda) melaksanakan kegiatan telaah sejawat dan team building. 

“Kegiatan ini juga termasuk dalam program QAIP (Quality Assurance and Improvement Program),” katanya.

Menurut dia, semua APIP milik K/L atau Pemda terhimpun dalam suatu asosiasi bernama AAIPI. Dalam organisasi itu, ada kewajiban suatu inspektorat setidaknya melakukan Telaah Sejawat Eksternal (TSE) pada inspektorat lainnya. 

“Tahun ini, inspektorat BNPT mendapatkan tugas untuk melakukan TSE terhadap inspektorat ANRI. Ini juga termasuk dalam program QAIP,” katanya.

Sementara itu, Inspektur ANRI, Syaifuddin,  mengapresiasi BNPT RI atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan seperti ini penting untuk berlanjut. 

“Terimakasih pada BNPT telah mengadakan kegiatan ini dalam rangka peningkatan kapabilitas APIP, kegiatan seperti ini penting untuk berlanjut. Mungkin bentuknya nanti bisa workshop atau sharing knowledge,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *