Kepala BNPT RI: Ideologi Terorisme Berkembang di Bawah Permukaan

Nasional1310 Dilihat

BOGOR – Penanganan terorisme tidak melulu dilakukan dalam upaya penegakkan hukum. Lebih dari itu, yang perlu diwaspadai bersama adalah perkembangan ideologi yang kerap kali terjadi di bawah permukaan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI, Komjen Pol Mohammed Rycko Amelza Dahniel, di Bogor, Selasa (23/4/2024).

“Ideologi ini tidak hanya muncul di permukaan, ideologi ini sekarang berkembang di bawah permukaan, hidup berkembang di dalam kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Rycko menekankan, tugas BNPT salah satunya untuk mengidentifikasi dan memberi pemahaman tentang potensi terorisme dalam bentuk ideologi kekerasan kepada seluruh elemen bangsa.

Menurut dia, perlu kolaborasi dan sinergi dari berbagai elemen masyarakat terlebih seluruh organisasi pemerintahan untuk bahu membahu mulai mengidentifikasi sebelum melakukan berbagai upaya-upaya pencegahan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Libatkan seluruh masyarakat bersama-sama untuk membangun daya cegah, daya tangkal, daya lawan kepada dirinya sendiri, kepada keluarganya, kepada kawan-kawannya, kepada kelompoknya, kepada masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, BNPT RI punya peran penting terutama dalam mengoordinasikan antar elemen penanggulangan terorisme terutama dalam hal pencegahan intoleransi, radikalisme dan terorisme.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *