Anggota KKB Papua Ini Berhasil Dilumpuhkan Aparat Gabungan

Kabar Mabes, Nasional968 Dilihat

JAYAPURA – Aparat gabungan bersama personel Satgas Damai Cartenz 2024 berhasil melumpuhkan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) bernama Basoka Lawiya di Nabire. Hal itu dibenarkan Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Brigjen Faizal Ramadhani, Minggu (7/7/2024).

Basoka Lawiya merupakan KKB Komando Daerah Pertahanan (Kodap) VIII Intan Jaya Pimpinan Undius Kogoya ditangkap di Kampung Topo, Distrik Uwapa, Kabupeten Nabire, Papua Tengah, pada Minggu (7/7/2024) sekira pukul 17.55 Wit.

“Basoka Lawiya ditangkap saat petugas melakukan razia di Kampung Topo,” ujar Faizal Ramadhani.

Baca Juga: Dugaan Korupsi, Bareskrim Polri Geledah Kantor Kementerian ESDM

Sementara Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2024, Kombes Bayu Suseno, mengatakan pada saat penangkapan, Basoka Lawiya melakukan perlawanan, sehingga aparat melakukan tindakan tegas dan terukur.

“Saat ini jenazah Basoka Lawiya masih berada di RSUD Nabire. Apabila proses identifikasi telah selesai, pihak keluarga yang berada di nabire dapat mengambil jenazahnya di RSUD Nabire,” kata Bayu.

Diketahui, Basoka Lawiya aktif dalam berbagi aksi kriminal yang terjadi di Kabupaten Intan Jaya dan Kabupaten Paniai, terlibat langsung dalam aksi pembakaran rumah dinas ASN Kabupaten Intan Jaya pada tanggal 20 Januari 2024 di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

Tak hanya itu, Basoka Lawiya juga terlibat dalam aksi penembakan dan pembakaran yang terjadi di Jalan Raya Madi, Kampung Uwibutu, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai pada tanggal 22 Mei 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *